Inilah Wisata Candi Jogja Dengan Panorama Yang Mempesona

Wisata candi Jogja yang mempesona. Wisata candi merupakan wisata sejarah peradaban kuno yang wajib dikunjungi serta di lestarikan. Dan jika kalian ingin mempelajari atau sekedar berkunjung melihat situs bangunan peradaban kuno bersejarah seperti ini mungkin Jogja adalah tempat yang pas untuk kalian kunjungi.

Memang sudah bukan rahasia lagi, jogja memiliki banyak situs peradaban kuno seperti ini. Bonusnya lagi jika kalian ingin berkunjung ke situs bersejarah ini, kalian dapat melihat panorama menakjubkan disekitarnya.

Candi Mempesona Di Jogja

1. Candi Sewu

Pada urutan pertama, kita akan membahas wisata candi di Jogja yang sangat legendaris. Candi sewu ini selalu dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dilihat dari namanya saja, sudah dapat kalian tebak pasti ada 1000 candi didalamnya bukan.

Artikel Terkait : Penginapan Murah Di Sekitar Jalan Malioboro

Komplek wisata ini memiliki 257 candi dengan 1 candi utama, 8 candi pengapit dan sisanya adalah candi pewarta. Disini kalian dapat melihat panorama sekitar yang menawan dengan candi yang begitu gagah.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, bisa dikatakan candi ini merupakan primadona wisata Jogja. Legenda candi ini sudah sangat familiar di telinga rakyat Indonesia. Cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan dan menjadi asal muasal Candi Roro Jonggrang ini juga sering dibuat sebuah sendra tari, yang juga diadakan di kompleks wisata ini.

Kemegahan Candi Prambanan

Kompleks Candi Utama di Candi Prambanan (Gambar : Ilmusiana.com)

Kompleks wisata ini berada di desa Prambanan yang memiliki 3 candi utama dengan dikelilingi 2 candi apit, 4 candi kelir, 4 candi sudut. Dengan total candi di kawasan ini berjumlah 224 buah candi.

3. Candi Ratu Boko

Kawasan kompleks candi ratu boko menempati kawasan seluas 25 hektar. Bangunan candi ini mirip dengan sebuah kraton. Bahkan wisata Jogja ini, kompleks candi ratu boko sering juga dipergunakan sebagai hunting foto hingga pre wedding.

Kalian tidak hanya dapat menikmati kecantikan bangunan kuno ini saja, kalian juga dapat menikmati indahnya sunset di candi ini. Sekedar info nih, kalau ingin menikmati sunset disini, ada paketnya guys. Cukup dengan membayar 35 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 75 ribu rupiah untuk wisatawan asing.

4. Candi Ijo

Ketika kalian mendengar namanya, lintasan pertama dari candi ini pasti warnanya yang ijo atau hijau (dalam bahasa Indonesia). Kalian salah guys, candi ini sama seperti candi lainnya dengan susunan bebatuan hitam. Candi Ijo terletak di sebelah timur kota Jogja, dengan jalan menuju candi ini sedikit menanjak.

Artikel Terkait : Daftar Pantai di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi!

Lokasi wisata candi Jogja ini berada di atas bukit gumuk Ijo, desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Nah sekarang tahu bukan kenapa dinamakan candi ijo, karena berlokasi di gumuk ijo. Kalian akan disuguhkan dengan panorama sekitar yang begitu hijau dan menawan.

5. Candi Plaosan

Destinasi wisata candi yang menarik selanjutnya adalah candi plaosan. Candi ini tidak hanya cantik, namun begitu anggun jika dilihat pada saat matahari terbit. Tidak mengherankan jika banyak pengunjung dengan hoby huntting foto sunrise mengunjungi kawasan candi ini.

Candi Plaosan

Kompleks Candi Plaosan di Jogja (Gambar : Wikipedia)

Salah satu candi Budha ini akan memberikan daya tarik tersendiri pada saat sunrise dengan tampilan siluet cantik. Candi ini terbagi menjadi dua kompleks, yakni Plaosan lor dan Plaosan kidul. Kedua candi ini memiliki daya tarik yang berbeda namun sama sama cantik dan anggung. Yang menjadi pembeda adalah Plaosan lor menggambarkan tentang wanita, sedangkan Plaosan kidul menggambarkan tentang pria.

Itulah 5 candi di Jogja yang sangat wajib masuk dalam list liburan kalian. Selain bangunan candi yang begitu anggun dan mempesona, area di sekitar kawasan bangunan kuno ini akan memberikan kecantikan alam yang sangat menawan. Jadi sangat sayang jika terlewatkan.

POST REPLY