Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Duwet kabupaten Gunung kidul provinsi jogja yang pasir pantai putih yang sudah terkenal. Pantai ini memiliki banyak tanaman Pandan di sepanjang tepi pantai yang menarik para wisatawan.

Kamu dapat menikmati pantai terindah yang masih bersih dari sampah dan memiliki pemandangan pantai yang luas. Kamu dapat menikmati keindahan pantai ini dengan naik bukit yang berada di sebelah timur.

Alamat Dan Rute

Pantai yang berada di gunung kidul ini memiliki alamat lengkap di desa Duwet, Purwodadi, Tepus kabupaten Gunung Kidul.

Adapun rute untuk sampai ke pantai siung jika kamu berada di pusat 0 km kota Jogja silahkan ke timur untuk melewati jalan panembahan senopati lurus sampai ke jalan Raya solo jogja. Setelah itu lurus terus sampai jalan kusumanegara sampai ke perempatan keselatan sampai melewati jalan Gedong kuning.

Setelahnya lurus sampai perempatan ke Timur menuju jalan Wonosari kemudian lurus terus sampai melewati jalan jogja Wonosari. Setelahnya lurus sampai ke perempatan ke Selatan untuk menuju ke jalan kyai legi.

Selanjutnya menuju ke arah jalan tepus melewati pantai sel Jawa, ikuti jalannya sampai kamu sampai ke pantai siung. Jarak dari pusat kota sekitaran 72,1 kilometer.

Harga Tiket Masuk

Biaya tiket masuk pantai siung berada di tabel berikut

KategoriHarga Tiket
Biaya masuk10.000
Parkir sepeda motor2000
Parkir mobil5000
Parkir bus10.000

Jam Buka Tutup

Jam operasional pantai siung yaitu setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai jam 5 sore. Sedangkan untuk keperluan camping ground pantau ini buka selama 24 jam setiap hari.

Obyek Wisata

Pantai di Jogja yang sudah terkenal ini memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Berikut ini beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati.

1.     Naik ke atas bukit

Pantai Siung memiliki keindahan pada batu karangnya. Untuk itu anda jangan lupa Foto pantai berada di atas bukit ini. Keindahan alamnya akan terasa sekali setelah anda naik dan melihat pantai dari atasnya.

Tapi untuk dapat sampai ke bukit ini juga tidak mudah, kamu perlu menyusuri jalan sempit dan jalan naik turun. Untuk itu anda perlu berhati-hati ketika menuju ke bukit agar selamat sampai Puncak.

Dari atas bukit kamu juga dapat melihat kera-kera yang berkeliaran naik turun dari atas. Anda jangan sesekali mengganggunya karena hewan ini termasuk ramah dan jinak.

Untuk itu anda perlu Tips wisata di pantai siung untuk tidak membawa makanan berlebihan naik ke atas bukit. Sebelumnya ada tiket masuk juga ke bukit ini yaitu sebesar 5 ribu saja.

Anda disarankan untuk membawa perbekalan lengkap agar anda aman dari rasa haus dan lapar.

2.     Camping

Salah satu hal menarik yang biasanya dilakukan ke pantai siung adalah camping, kenapa? Karena anda bisa menikmati Romantisme di pantai di malam hari. Apalagi ditemani dengan deburan ombak yang menerjang tanpa henti.

Di Sebelah timur pantai disediakan area camping untuk mendirikan tenda. Di area tersebut juga disediakan rumah panggung yang dapat menampung sebanyak 15 orang.

Anda dapat menikmati senja yang cantik dari sini. Disarankan jika anda ingin pergi melihat senja yang mempesona datanglah pada bulan November sampai Februari. Anda akan melihat cahaya matahari yang mempesona dan cantik.

3.     Spot fotogenic

Spot wisata paling menarik era zaman sekarang yaitu spot fotogenic apalagi pemandangan alamnya Indah dan sayang hanya untuk dikunjungi saja tanpa adanya kenangan. Spot yang menarik dari pantai siung yaitu air terjun dadakan.

Air terjun ini akan muncul ketika datang ombak besar, air tersebut akan terhalang ombak dan airnya mengalir yang membentuk seperti air terjun yang mengesankan. Selain itu anda juga bisa mengambil Gambar pantai disaat senja tiba.

4.     Berenang

Rasanya kurang greget ketika ke pantai hanya melihat pemandangan terus pulang begitu saja. Hal menarik yang bisa kamu lakukan adalah berenang, untuk itu anda jangan lupa membawa baju pantai.

Berenang bersama teman akan lebih seru dan menyenangkan cocok untuk menghilangkan penat dengan keramaian kota. Sebenarnya pantai siung ini kurang cocok jika digunakan berenang karena banyak batu karang.

Tapi anda tenang saja ada kolam alami yang mampu menampung 5 – 10 orang. Cukup luas bukan? Air di kolam ini kehijauan karena banyak lumut yang menempel di batu karang.

5.     Memancing

Jika anda berkunjung ke pantai siung anda bisa menyalurkan hobi memancing. Untuk spot memancingnya silahkan untuk bertanya kepada warga setempat. Anda dapat menangkap ikan-ikan dan dapat disantap saat camping.

Menikmati ikan hasil tangkapan tentunya menjadi sensasi tersendiri apalagi ikannya masih segar. Rasanya menjadi lebih enak ditemani dengan cuaca malam dan deburan ombak di sepanjang malam.

Pantai Siung memiliki keindahan alam yang bisa dijadikan tempat refreshing dari segala aktivitas yang monoton di setiap harinya. Kalau anda berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk membawa oleh-oleh pantai.

Jika ingin cari info lebih lanjut tentang pantai, kunjungi saja infopantai.com